Ciri-ciri Makhluk hidup

CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP

Ciri-ciri makhluk hidup  terdiri dari :

  1. Bernapas
  2. Bergerak
  3. Memerlukan makanan
  4. Tumbuh
  5. Reproduksi
  6. Iritabilita
  7. Ekskresi

Bernapas

Bernapas atau respirasi adalah proses menghirup Oksigen dan menghembuskan Karbpndioksida. Oksigen yang masuk ke dalam  tubuh dipergunakan untuk proses pembakaran atau oksidasi zat makanan  untuk menghasilkan energy  (tenaga).

Energi yang diperoleh dari hasil oksidasi dipergunakan untuk berbagai aktivitas makhluk hidup.

Alat pernapasan terdiri dari paru-paru (hewan darat), insang (hewan air), trakea (serangga).

Pada tumbuhan pernapasan dilakukan melalui stomata.

Bergerak

Hewan pada umumnya bergerak aktif dan berpindah tempat. Tumbuhan  bersifat pasif. Tumbuhan meskiopun tidak berpindah tempat tetapi juga bergerak. Contohnya adalah daun putri malu yang mengatup ketika disentuh.

Alat bergerakhewan terdiri dari kaki/tungkai.sayap dan sirip.

Memerlukan makanan

Makanan berfungsi  untuk menghasilkan energy atau tenaga, pertumbuhan dan mengganti sel-sel yang rusak.

Berdasarkan cara mendapatkan makanan ada hewan yang tergolong herbivore. karnivora dan omnivore.

Bagaimana cara tumbuhan memperoleh makanannya? Tumbuhan memenuhi kebutuhan makanannya dengan cara  menyintesis  makanannya sendiri  dengan melakukan proses fotosintesis. Fotosintesis tumbuhan  memerlukan  cahaya, gas karbondioksida,  air dan klorofil. Proses fotosintesis menghasilkan gas Oksigen dan zat makanan (amilum)

Tumbuh

Setiap makhluk hidup  tumbuh atau mengalami pertumbuhan.  Tumbuh (pertumbuhan) adalah  bertambahnya  volume atau  ukjuuran  makhluk hidup  yang irrevesibel. Irrevdersibel artinya tidak kembali ke bentuk semula.  Pertumbuhan dipengaruhi factor dalam(gen dan hormone) serta factor luar (nutrisi)

Reproduksi atau berkembang biak

Makhluk hidup melakukan reproduksi  yaitu  menghasilkan individu baru bertujuan untuk melestarikan jenisnya. Manusia dan hewan mamalia berkembang biak dengan merlahirkan anaknya,  hewan lain bertelur. Tumbuhan  berkembang biak dengan menghasilkan spora, menghasilkan biji atau bertunas.

Iritabilita

Iritabilita atau kepekaan terhadap rangsang. Misalnya kelelawar peka pendengarannya. Anjing peka penciumannya. Tumbuhan putri malu daunnya mengatup jika disentuh.

Ekskresi atau pengeluaran zat sisa

Ekskresi adalah proses  pengeluaran zat sisa metabolisme. Manusia mengeluarkan urine melalui uretra atau saluran kencing. Manusia berkeringat untuk mengatur suhu tubuhnya. Tumbuhan mengeluarkan zat sisa melalui stomata(di daun) dan lentisel (di batang)

Perbedaan antara hewan dan tumbuhan

Hewan Tumbuhan
Tidak membuat makanannya sendiri.Makan makanan yang siap makan  ( heterotrofik) Membuat makanannya sendiri dengan cara fotosintesis (autotrofik)
Memiliki mulut dan saluran pencernaan Tidak memiliki saluran pencernaan
Tidak memiliki klorofil Memiliki klorofil
Bergerak dan berpindah tempat Tidak berpidah tempat
Memiliki sistem saraf dan otot Tidak memiliki system saraf dan otot
Memiliki alat indra , .misalnya mata dan telinga Tidak memiliki indra

.belum selesai /belum diedit